KARAKTER TANAMAN BINAHONG


Tanaman binahong (Anredera cordifolia (Tenore adalah tanaman obat yang tumbuh di dataran rendal maupun dataran tinggi. Tanaman ini berasal dari Ch dan menyebar ke Asia Tenggara. Di Benua Eropa mai Amerika, tanaman ini cukup dikenal, tetapi para ahlid belum tertarik untuk meneliti serius dan mendalam beragam khasiatnya sebagai obat telah diakui.
Di Indonesia tanaman binahong sering digunakan sebagai hiasan gapura yang melingkar di atas jalan tam Namun masyarakat juga memanfaatkan binahong untuk membantu proses penyembuhan penyakit-penyakit berat seperti stroke, asam urat, dan diabetes.
Binahong termasuk dalam famili Basellaceae yang merupakan salah satu tanaman obat. Seluruh bagian tanamannya dapat dimanfaatkan, mulai dari akar, batang, daun, umbi, dan bunganya. Tetapi yang paling sering digunakan untuk ramuan obat adalah bagian daunnya.
A. Deskripsi Tanaman
Binahong tumbuh menjalar dan panjangnya dapat mencapai 5 m, berbatang lunak berbentuk silindris dan pada sela-sela daun dan tangkai terdapat seperti umbi yang bertekstur kasar. Adapun klasifikasi tanaman ini adalah:
Kerajaan : Plantae Sub-Kerajaan : Tracheobionta Superdivisi
: Spermatophyta Divisi
: Magnoliophyta Kelas
: Magnoliopsida Sub-Kelas
: Hamamelidae Ordo
: Caryophyllales Famili
: Basellaceae Genus : Anredera Spesies
: Anredera Cordifolia (Tenore) Steenis
Berikut ini deskripsi tanaman binahong.
1. Daun
Daun binahong adalah tunggal. Ia mempunyai tangkai yang pendek, bersusun berselang-seling, dan berbentuk jantung. Panjang daun adalah 5-10 cm dan lebar 3-7 cm. Tebal daun adalah 0,1-0,2 mm dan panjang tangkai daun 1-3 cm. Helaian daun tipis lemas, ujungnya runcing, pangkalnya berlekuk, tepinya rata, permukaannya agak licin, dan bisa dimakan.
2. Akar
Akar tanaman binahong berbentuk rimpang dan berdaging lunak.
3. Batang
Batang tanaman binahong adalah lunak. Bentuknya silindris, saling membelit, dan berwarna kemerahan. Bagian dalamnya solid sedangkan permukaannya halus. Jika tanaman sudah tua, batangnya berubah berwarna putih kusam dan agak mengeras.
Panjang batang dan cabang tanaman binahong bisa mencapai 20-30 m. Diameter pangkal batang mencapai 3,5 cm pada tanaman umur tiga tahun, membentuk semacam umbi atau rimpang yang melekat di ketiak daun dengan bentuk tak beraturan serta bertekstur kasar.
4. Bunga
Bunga binahong keluar dari ketiak daun pada setiap inting. Dari setiap tangkai bunga akan keluar 40-60 kuntum unga berwarna putih yang berukuran kecil, mahkotanya Varna krem keputih-putihan berjumlah lima helai tidak katan, bunga majemuk berbentuk tandan, bertangkai
panjang, panjang helai mahkota adalah 0,5-1 cm, dan berbau harum. Bunga akan muncul pada tanaman yang sudah berumur 2,5-3 tahun.
5. Umbi
Umbi yang keluar dari setiap ketiak daun binahong pada awalnya berbentuk bulat agak kasar. Ia keluar seperti bulu dengan ukuran panjang sekitar 1-3 mm.
Umbi binahong muncul pada tanaman yang berumur dua bulan lebih. Kulit umbi berwarna hijau kecoklatan dan daging umbi berwarna putih. Panjang umbi adalah 5-17 cm dan diameternya 1-4 cm.
daun binahong dengan + dan etanol telah dilakuka n aktivitas penangkap
tamin E. Nilai IC50 rsen radikal bebas pada Nilai IC50 tertinggi adalah
tu 49,29 mg/ml. Artinya, bebas ekstrak etanol daun
Penelitian yang mengekstrak daun bir elarut petroleum eter, etil asetat, dan eta ebagai ujian untuk membandingkan aktivi adikal bebas di antara binahong tau nilai penghambatan 50 persen radikal be itamin E sebesar 18,03 mg/ml. Nilai IC50 ter kstrak etanol daun binahong, yaitu 49,29 ma, emampuan menangkap radikal bebas ekstrak et binahong hampir menyamai vitamin E sekalipun.
Kandungan senyawa aktif pada ekstak etanol daun binahong diduga paling banyak dan aktif. Etanol merupakan senyawa polar, sedangkan antiradikal umumne dikarakterisasi oleh gugus senyawa fenolik yang juga bersifa polar sehingga lebih banyak tersari.
Senyawa flavonoid juga diduga paling berperan dalam menangkap radikal bebas. Senyawa itu umumnya memiliki struktur fenolik yang bersifat antiradikal.
Binahong sebagai antioksidan memiliki manifestasi klinis yang luas, antara lain mengarah ke anti-kanker. Ketika suatu radikal dapat menyebabkan karsinogenesis, maka antioksidan menghambatnya.
D. Mengatasi Kolesterol Jahat
Secara empiris, daun binahong manjur menga kolesterol. Sudah lama masyarakat memantad sebagai penurun tekanan darah tinggi, koles gula darah, serta mempercepat penyemp penelitian Guru Besar Sekolah Farmasi
ng Prof. Dr. Elin Yulinah Sukandar Apt.me hal tersebut. Sedangkan hasil penelitian rekan-rekan dari Universiti Malaysia Yang dalam Journal of Agricultural Science, s
akat memanfaatkan binahong an tinggi, kolesterol, dan
embuhan luka. Hasil asi Institut Teknologi
Apt. menegaskan nelitian Sri Murni Astuti da
sia Pahang, yang dimud ence, secara tidak langsung.

keyword: ramuan obat tradisional asam urat dan kolesterol, ramuan obat tradisional penurun kolesterol, ramuan obat tradisional kolesterol tinggi, ramuan obat tradisional untuk kolesterol


Related Posts

KARAKTER TANAMAN BINAHONG
4/ 5
Oleh
0 Komentar untuk "KARAKTER TANAMAN BINAHONG"