KHASIAT DAUN SIRSAK



Populasi daun sirsak sebagai herbal anti kanker memang menanjak cepat. Banyak orang mengonsumsi rebusan daun sirsak untuk mengatasi atau mencegah kanker, tumor dan kista.padahal semula masyarakat hanya memanfaatkan daging buahnya yang manis dan kaya antioksida. Semula daun sirsak hampir tak terdengar sebagai herbal anti kanker. Tapi sekarang masyarakat banyak memanfaatkannya. Meluasnya penggunaan daun sirsak itu mungkin karena masyarakat mudah memperoleh sirsak.
Terkuaknya khasiat daun sirsak sebagai anti kanker telah menambah khazanah pemanfaatkan tanaman obat di Indonesia.sebagai Negara megabiodiversitas. Indonesia memiliki 30000 speciaes tumbuhan lebh dari 19600 tumbuhan berkahsn obat. Namun yang sudah dimanfaat baru 350 tanaman obat.
A.    DESKRIPSI TANAMAN
Tanaman sirsak (Annona muricata) termasuk family Annonaceae dan spesies muricata yakni family tanaman yang memiliki bunga dan buah yang manis. Kulit buah sirsak berduri dan agak tebal, sedangkan daging buahnya berwarna putih, serta teksturnya seperti puding buah yang sudah masak mempunyai rasa yang lebih asam dari pada manis.
Sirsak juga terasa asam karena mengandung asam organic non-volatile, asam sitrat, asam isosirat, dan asam malat. Oleh karena itulah buah sirsak biasa disebut custard apple. Buah sirsak tidak mengenak musimm dan selalu ada sepanjang tahun. Karena rasa buahnya yang lezat, sirsak banyak dikonsumsi sebagai minuman jus maupun di oleh menjadi bahan makanan lainnya.
Daun sirsak berbentuk bulat telur agak tebal. Permukaan bagian atasnya halus berwarna hijau tua dan bagian bawahnya berwarna lebih muda.
B.     Kandungan
Sirsak adalah buah yang memiliki banyak sekali kandungan penting di dalamnya. Buah sirsak terdiri dari 67,5 persen daging buah, 20 persen kulit buah, 8.5 persen biji buah, dan 4 persen inti buah. Berikut ini penjelasannya.
1.      Karbohidrat
Setelah air, kandungan zat gizi yang terbanyak didalam sirsak adalah karbohidrat. Salah satu jenis karbohidrat pada buah sirsak adalah gula pereduksi (glukosa, dan fruktosal) dengan kadar 81,9-93,6 persen dari kandungan gula total.
2.      Lemak
Buah sirsak hanya mengandung sedikit sekali lemak, yaitu 0,3 gr per 100 gr sehingga sangat baik untuk kesehatan.
3.      Vitamin C
Vitamin yang paling dominan pada buah sirsak adalah vitamin C, yaitu sekitar 20 mg per 100 gr daging buah. Kebutuhan vitamin C per orang per hari yaitu 60 mg, dapat dipenuhi dengan hanya mengonsumsi 300 gr daging buah sirsak. Kandungan vitamin C ini adalah antioksidan yang sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan memperlambat proses penuaan.
4.      Senyawa Fitokimia
Selain komponen gizi, buah sirsak juga sangat kaya senyawa fitokimia yang bermanfaat bagi kesehatan. Beberapa contoh senyawa fitokimia yang terkandung didalam buah sirsak adalah asetaldehida, amyl-caproate, amyloid, annonain, anomuricine, anomuricinane, anomurine, anonal, atherosperminime, beta-sitosterol, campesterol, selobiosa, citrulline, caclaurine, coreximine, dekstrosa, galactomanan, muricoreacin, procyanidin, stepharne, stigmasterol, tannin, dan xylosyl-selulosa. Senyawa ini memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, antara lain mengobati gangguan batu empedu, sembelit, asam urat, dan meningkatkan selera makan.
5.      Serat
Sirsak adalah buah yang kaya serat. Kandungan serat makanan dalam sirsak mencapai 3,3 gr per 100 gr daging buah. Mengonsumsi 100 gr daging buah sirsak dapat memenuhi 13 persen kebuthan serat harian.
6.      Fosfor dan Kalsium
Mineral yang cukup dominan pada sirsak adalah fosfor dan kalsium, masing- masing sebesar 27 dann 14 mg per 100 gr. Kedua mineral ini penting untuk pembentukan masa tulang sehingga berguna untuk membentuk tulang yang kuat serta menghambat oesteoporosis.


keyword: khasiat daun sirsak untuk kesehatan, khasiat daun sirsak terbaru, khasiat daun sirsak untuk kewanitaan,khasiat daun sirsak untuk trigliserida, khasiat daun sirsak untuk ginjal

Related Posts

KHASIAT DAUN SIRSAK
4/ 5
Oleh
0 Komentar untuk "KHASIAT DAUN SIRSAK"