BIDUR DAN BISUL


BIDUR (GELE GATA)
Penyakit Bidur adalah penyakit yang disebabkan oleh sesuatu racun dalam tubuh. Sumber racun ini adalah makanan. Makanan yang sering menyebabkan penyakit bidur diantaranya: daging babi, daging dalam kaleng, telur, ikan laut, cendawan dan sebagainya.
Gejalanya:
·         Timbul bintik-bintik pada warnanya merah muda.
·         Demam yang tiba- tiba
·         Terasa panas dan gatal- gatal
·         Bintik- bintik pada kulit kalau digaruk akan semakin beasr dan melebar.
Pengobatannya:
a.       Rimbang temulawak ¾ jari, dipotong- potong lalu dicuci bersih, rebus dengan air bersih 2 gelas, sesudah airnya tinggal hanya kira- kira ¾ nya, angkat dan dinginkan, suam- saum kuku saring lalu minum bersama madu secukupnya ( 2 kali sehari 2 sendok makan)
b.      Abu dapur yang masih hangat 1 gelas, dibungkus dengan kain yang agak tipis. Gunakanlah menggosok kulit yang terasa gatal,(1-2 kali sehari atau sewaktu- waktu kalau sewaktu terasa gatal)
c.       Daun kumis 1/3 genggam, daun meniran ¼ genggam, kelembak ½ jari gula enau 2  jari ramuan ini dicuci lalu dipotong- potong pendek, rrebus dengan air bersih 3 gelas dan biarkan airnya hingga ¾  gelas, sesudah dingin saring lalu minum 2-3 kali sehari ½ gelas.
d.      Minyak kayu putih 1 sendok makan, minyak jaitun satu sendok makan methol kristal 1 sendok teh dicampu dan dikemas baik- baik xampuran ini gunakan untuk enggosok kulit yang terasa gatal (1-2 kali sehari sebanyak yang diperlukan)

BISUL (FURUNCULUS)
Bisul adalah infeksi dari kulit yang disebabkan oleh basil stapphylococ Basil- basil itu masuk kedalam kulit melalui kelenjar  minyak, kelebajr keringat, dan kantung rambut.. kemudian menimbulkan radang yang berisi nanah. Nanah ini berasal dari basil- basil yang mati akibat perlawanan sel- sel darah putih dalam tubuh.
Gejalanya:
·         Mula- mula timbul seperti jerawat atau benjol- benjol kecil makin lama malin meluas dan bertambah besar.
·         Kulit kelihatan memmebengkak keras dan agak kemerah- merahan
·         Terasa panas dan sakit agak dalam
Pengobatannya:
a.       Daun kembsng telsng biru 1/3 genggam, daun srikaya ¼ genggam, daun nangka belanda 1/3 genggam, daun senokembang ¼ genggam gula enau 3 jari. Bahan- bahan ini dicuci lalu dipotong- potong seperlunya, rebuslah dengan air bersih 3 gelas. Setelah airnya tinggal kira- kira ¾ nya, dinginkan dan saring, minumlah 2 kali sehari ½ gelas.
b.      Asam lama 3 jari, rimpang temulawak 1 jari, biji kasturi 3 biji, gulau enau 2 jari, cuci bersih lalu giling atau tumbuk sampai halus. Setelah halus rebus dengan air bersih 3 gelas, biarkanlah sampai ainya kira- kira sampai ¾ nya. Sesudah dingin lalu disaring, minumlah ramuan ini 2 kali sehari ½ gelas.
c.       Daun kangkung 20 lembar, dicuci dan digiling, halus beri air garam seperlunya. Gunakanlah mengurap bisul dan sekelilingnya lalu dibalut (2 kali sehari sebanyak yang diperlukan)
d.      Daun sosor bebk 6 lembar, dicuci dan digiling sampai halus, bubuhi air garam seperlunya, gunakanlah mengkurap bisul dan sekelilingnya lalu dibalut ( 1-2 kali sehari sebanyak yang diperlukan)
e.       Daun sirih 5 lembar, dicuci bersih dan digiling sampai halus, urapkanlah pada bisul dan sekelilingnya lali dibalut (1-2 kali sehari sebanyak yang diperlukan. Lakukanlah pengobatan tersebut bertahap sampai sembuh. 




Keyword: ramuan obat tradisional asam lambung, ramuan obat tradisional asam urat assalam, ramuan obat tradisional asam urat assalam, ramuan obat tradisional ambeien

Related Posts

BIDUR DAN BISUL
4/ 5
Oleh
0 Komentar untuk "BIDUR DAN BISUL"