ASAM URAT DAN NYERI



Asam urat sering dialami oleh banyak orang sekarang ini. Bahkan orang yang masih tergolong muds juga sering ditimpa penyakit ini sebenarnya seperti apa penyakit ini?. Apa saja gejala dan penyebab dan solusinya? Serta makanan apa yang menjadi pantangan? Berikut kita akan membahasnya.
Yang dimaksud dengan asam urat adalah sisa metabolisme zat purin yang berasal dari makanan ysng kits konsumsi ini jugs merupakan hasil samping pemecahan sel dalam darah. Purin sendiri adalah zat yang terdapat pada setiap bahan makanan yang berasal dari tubuh makhluk hidup, dengan kata lain dalam tubuh makhluk hidup terdapat zat purin ini lalu karena kita memakan makhluk hidup tersebut maka zat purin tersebut berpindah kedalam tubuh kita. Berbagai sayuran dan buah juga terdapat purin. Purin juga dihasilkan dari hasil perusakan sel- sel tubuh yang terjadi secara normal atau karena panyikit tertentu.
Normalnya, asam urat ini akan dikeluarkan dalam tubuh melalui feses (kotoran) dan urin, tetapi karena ginjal tidak mampu mengeluarkan asam urat yang ada menyebabkan kadarnya meningkat dalam tubuh. Hal ini yang dapat meningkatkan kadar asam urat adalah kita terlalu banyak mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung banyak purin. Asam urat yang berlebihan selanjutnya akan terkumpul pada persediaan sehingga menyebabkan rasa nyeri atau bengkak.
Penderita asam urat setelah menjalani pengobatan yang tepat dapat diobati sehingga kadar asam urat dalam tubuhnya kembali normal. Tapi karena dalam tubuhnya ada potensi penumpukan asam urat, maka disarankan agar mengontrol makanan yang dikonsumsi sehingga menghindari makanan yang banyak mengandung purin.
KESIMPULAN SINGKAT TENTANG ASAM URAT
Gejala Asam Urat
·         Kesemutan dan linu
·         Nyeri terutama malam hari atau pagi hari saat bangun tidur
·         Sendi yang terkena asam urat terlihat bengkak, dan kemerahan, panas dan nyeri luar biasa pada malam dan pagi.
Solusi Mengatasi Asam Urat
Melakukan pengobatan hingga kadar kadar asam urat kembali normal, kadar normalnya,
 

NYERI DAN PENANGANANNYA
A.    Pendahuluan
Nyeri adalah suatu keadaan tidak nyaman baik bersifat ringan maupun berat. Adanya perasaan yang menimbulkan ketegangan dan siksaan bagi yang mengalaminya. Kadang pasien menangis dan menahan rasa saikt yang dialaminya. Nyeri ada yang sifatnya sebentar (nyeri akut) dan ada yang sifat lama (nyeri kronik). Dan nyeri ada yang mengganggu aktifitas sehari-hari (nyeri ringan) sampai tdak bisa melakukan aktifitas fisik (nyeri berat).
B.     Tujuan Mengatasi Nyeri
1.      Mengurangi rasa sakit
2.      Mengurangi ketegangan otot
3.      Mengalihkan perhatian agar nyeri tidak terasa atau hilang
4.      Mengurangi kecemasan akibat rasa nyeri
C.     Penanganan Nyeri
Apabila anda atau keluarga anda mengalami nyeri segeralah menghubungi dokter atau perawat untuk mendapatkan penanganan nyeri. Penatalaksanaan nyeri dibagi menjadi dua yaitu  dengan menggunakan obat dan tanpa menggunakan obat. Penanganan nyeri tanpa obat dapt dilakukan secara mandiri atau dengan bombongan dokter atau perawat, diantaranya:
1.      Teknik relaksasi nafas dalam
Bertujuan untuk meningkatkan fungsi paru-paru, memelihara pertukaran gas, meningkatkan efesiensi batuk, mengurangi stress fisik dan emosional, menurunkan kecemsan dan mengurangi nyeri. Tehnik ini sangat sederhana tetapi bila dilakukan dengan baik dapat mengurangi rasa nyeri.
Caranya yaitu tarik nafas dalam dari hidung kemudian mengeluarkannya secara berlahan melalui mulut. Lakukan berulang kali sesuai kebutuhan.
2.      Distraksi (pengalihan selain nyeri)
Distraksi adalah memfokuskan perhatian diri pada sesuatu selain nyeri. Metode nyeri dengan cara mengalihkan perhatian klien pada hal-hal lain sehingga klien akan lupa terhadap nyeri yang dialami, contohnya diantaranya: menonton tv, membaca buku, ngobrol dengan keluarga dan lain-lain.
3.      Aromaterapi
Terapi dengan menggunakan wewangian alamiah yang mengandung unsur-unsur herbal dengan pendekatan sistem keseimbangan alam. Terapi dengan menggunakan wewangian membuat efek rileks, menghilangkan stress dan membuat pikiran menjadi tenang. Wewangian tertentu diyakini dapat mempengaruhi sistem syaraf terutama otak untuk bekerja memproduksi penetral yang menyebabkan nyeri.
4.      Hipoterapi
Hipoterapi adalah terapi dengan menggunakan hyponesis. Diterapi terlebih dahulu membuat anda masuk dalam kondisi rileksasi.
5.      Teknik Imajinasi terbimbing
Teknik iamjianasi terbimbing adalah membayangkan sesuatu yang menarik dan menyenangkan seperti penaglaman hidup yang indah, membayangkan berwisata dan lain-lain.
6.      Teknik rangsangan dan pijatan
Teknik rangsangan berupa kompres air hangat pada daerah sekitar nyeri dapat melebarkan pembuluh darah yang mengalir ke area nyeri, sehingga rasa nyeri dapat berkurang.


NYERI HARUS DITANGANI SEGERA INFORMASIKAN KEPADA DOKTER  ATAU PERAWAT ANDA UNTUK MENDAPATKAN PENANGANAN SEGERA.
 
 

Related Posts

ASAM URAT DAN NYERI
4/ 5
Oleh
0 Komentar untuk "ASAM URAT DAN NYERI"