INGIN BERHASIL DALAM BERDIET



Keberhasilan diet dapat dicapai dengan:
·         Mengenali dan mengamati keadaan fisiologis dan psikologis diri sendiri sebelum berdiet.
·         Memilih diet yang tepat
·         Merencanakan makanan yang sehat
·         Olah raga
·         Konsultasi dengan para ahli.
Banyak cara agar program diet berhasil dan sesuai dengan yang diinginkan. Keberhasilan diet dapat tercapai terutama tergantung dari kemauan, tekad, disiplin, dan kesabaran masing- masing individu yang menjalani diet. bertolak dari sebab- sebab kegagalan diet maka muncul beberapa kiat-kiat agar diet berhasil, yaitu: sebagai berikut.
Mengenali dan Mengamati Keadaan Fisiologis dan Psikologis Diri Sendiri Sebelum Berdiet.
Pengenalan dan pengamatan terhadap keadaan diri fisiologi yaitu bentuk tubuh, berat badan, tinggi badan, dan keadaan psikologis seperti faktor emosi, keadaan kesehatan, baik jasmani maupun rohani, serta kebiasaan dan kesukaan terhadap makanan, semuanya sangat membatu keberhasilan berdiet. Hal ini berarti membantu seseorang dalam memilih program diet yang sesuai dengan dirinya, baik dalam memilih jenis diet, maupun menentukan nilai makanan. Dengan demikian, resiko mendapat penyakit bsik jassmani karena kurangnya zat-zat gizi yang diperlukan maupun rohani karena depresi atau tekanan larangan makanan yang disukai, menjadi kurang bahkan tidak terjadi sama sekali.
Diet Rendah Kalori Seimbang, Pilihan yang Tepat
Jenis diet memang beraneka ragam, namun untuk mendapatkan program diet yang tepat haruslah sesuai dengan kondisi fisik dan kesehatan badan sehingga diperoleh hasil yang diharapkan dan langgeng. Program diet rendah kalori seimbang merupakan alternative pilihan yang tepat dalam berdiet. Diet teraebut merupakan diet yang mengandung kalori tidak kurang dari Energi Metabolisme Basal (EMB), yang mengandung semua zat- zat gizi seimbang, kecuali rendah lemak dan karbohirat sedang.
Oleh karena itu, kuantitas makanan yang dimakan sebaiknya disesuaikan dengan porsi yang telah ditentukan. Ada suatu pepatah yang dapat dipetik mafaatnya yaitu, apabila hendak sarapan pagi makanlah seperti orang kaya, apabila makan siang hendaklah makan seperti seorang raja, dan apabila tiba makan malam makanlah seperti orang miskin.
Perlu diingat bahwa dalam menjalankan diet, target penurunsn berat badan harus realistic, yaitu sesuai dengan tinggi badan, berat badan, dan usia, serta kondisi kesehatan. Kelompok mereka yang berumur dibawah 30 tahun sering masih belum puas dengan berat badan sebenarnya sudah normal dan berambisi untuk menurunkannya lagi beberapa kilogram. Sebaliknya kelompok yang lebih tua pada umumnya sudah merasa tentram dan bersyukur  jika berat badannya normal atau beberapa kilogram diatasnya.
Berapapun berat badan yang ingin dihilangkan, masukan energi/ kalori tidak boleh kurang dari energi untuk metabolisme basal (EMB), yaitu energi untuk melakukan kerja internal seperti denyut jantung, pernapasan, paru-paru, gerak perastaltik usus, dan sebagainya. Dari perhitungan- perhitungan teliti, diet yang boleh dilakukan baik oleh kelompok 30 tahun kebawah maupun 30 tahun keatas berat badan normal, diatas dan dibawah normal yang masih ditolerir untuk tetap menjaga kesehatan optimal.
Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Menjalani Diet
·         Tentukanlah program diet berdasarkan tinggi dan postur badan dan sesuaikan dengan berat badan normal, kemudian hitung kelebihan berat badan.
·         Pilihlah variasi makanan yang seimbang zat- zat gizinya, yaitu yang kaya serat, rendah lemak, dan tinggi karbohidrat, untuk snack, pilihlah yang rendah lemak.
·         Buatlah target penurunan berat badan yang realistis, yaitu idelanya 1-1,5 kilogram seminggu.
·         Bergabunglah dengan klub diet jika hal tersebut bisa dijadikan motivasi.




Keyword : diet,fisiologis,psikologis,metabolisme,sehat,

Related Posts

INGIN BERHASIL DALAM BERDIET
4/ 5
Oleh
0 Komentar untuk "INGIN BERHASIL DALAM BERDIET"